Cara mengatasi kantuk saat pelajaran

Hoooooammmm... jam pelajaran akhir memang benar-benar membosankan,bikin ngantuk aja. Sudah capek, tapi pelajarannya malah tambah bikin ngantuk”
Kutipan di atas membuktikan keadaan siswa pada saat jam pelajaran akhir. Keluhan yang sering di ucapka oleh para siswa pada umumnya yang menjalani jam-jam pelajaran sore. Otak yang terus di di putar sejak jam pelajaran pertama yang umumnya di jalankan pada jam 7 pagi, pasti akan merasakan kejenuhan yang kemudian membuat otak merasa lelah dan selanjutnya tubuhpun serasa lesu dan kemudian mengantuk. Tak jarang gurupun menyadari keadaan siswanya, “Saya tau kalian pasti capek dan mengantuk, itu sudah wajar karna kalian masuk jam pertama dan pulang pada jam ke 11” begitulan yang sering di ucapkan beberapa guru yang mengerti keadaan muritnya.Namun tak sedikit juga guru yang tak mau tau (tetap memberi tugas yang semakin membuat murit semakin pusing), jika begitu apa yang harus di lakukan siswa selain melaksanakan tugas yang di berikan.




Pada saat ini tak jarang sekolah yang bertaraf Internasional atau Rintisan Sekolah Internasional menerapkan jam pelajaran lebih di bandingkan kelas kelas Reguler. Namun untuk sebagia siswa yang masih dalam tahap awal mungkin akan  merasa biasa dan masih tetap semangat, namun lambat laun bisa saja semangat itu makin menyusut dan tinggal sisa sisanya saja. Kalau sudah begitu maka tinggalah rasa kantuk dan optimalitas dalam belajar akan menurun dan pelajara yang di berikan akan sama saja sia-sia. Kalau begitu siapa yang dapat di menjawab ini salah siapa??
Kalau begitu maka akan di perlukan beberapa tips untuk mengatasi rasa-rasa kantuk  agar keoptimalan dalm menerima pelajaran akan lebih bagus. Mari kita bahas beberapa tips yang sering saya terapkan pada saat saya merasakan ngantuk saat pelajaran jam-jam terakhir berlangsung :
1.       Makan Permen (Gula Batu) atau lebih efektif mengunyah permen karet.
Kenapa harus permen karet atau permen biasa?? Untuk permen karet,pada saat mengunyah permen karet maka daerah rahang akan terus bergerak sehingga sedikit mengurangi rasa kantuk di bata karna otak akan lebih terangnsang kerja otak. (Seperti yang sering saya dengar dari beberapa sumber)
2.       Memijat bahu dengan minyak kayu putih.
Pada saat sedang pusing, itu berarti ada beberapa saraf otok yang menegang, sehingga harus di rilekskan, salah satunya di bagian bahu. Saya sendiri sering melakukannya apa bila sedang terasa mengantuk. Dan ini adalah salah satu cara termanjur untuk saya dalam mengatasi sara kantuk, namun tak setiap orang berhasil melakukannya.
3.       Izin ke “Kamar Mandi”
Tips ke-3 ini merupakan tips umum yang sering di lakukan banyak orang pada saat sedang mengantuk. Biasanya yang di lakukan adalah membasuh wajah hingga terasa freeeessss kembali, ini lebih efektif lagi di banding dengan 2 tips di atas. Karna iga wajah terasa dingin dan segar, maka rasa kantuk akan segera hilang.

Akhirnya melalui beberapa cara-cara diatas semoga dapat membantu kalian pada saat terasa mengantuk dalam pelajaran. Mungkin hanya ini yang bisa saya berika untuk membantuk meenghilangkan / mengurangi rasa kantuk pada saat jam-jam pelajaran berlangsung. Terima kasih atas kunjungannya. Tinggalkan jejak untuk lebih mengisi, terimakasih...

WieLBie’s Note

0 komentar:



Poskan Komentar